Home » » Kisah "Nabi Muhammad" SWA

Kisah "Nabi Muhammad" SWA

Written By Kaos33 on Saturday, September 29, 2012 | 9:06 PM

Nabi Muhammad ,Kisah Nabi Muhammad SWA, Kisah Nabi Muhammad, Cerita Nabi Muhammad
lafad Nabi Muhammad
Kisah Nabi Muhammad - Sebagai seorang anak yatim , Nabi Muhammad tahu baik tentang kemiskinan maupun penderitaan dan inilah yang mempersipakannya untuk menerima perwahyuwaan dari Allah. Perwahyuaan - perwahyuan itu membentuk dasar islam. Nabi Muhammad dilahirkan di Kota Makkah kurang lebih tahun 570 CE. Kota Makkah terletak di Pusat jalur kafilah yang makmur yang memberikan fasilitas perdagangan antara Arab bagian selatan dan Laut Tengah.

Ayah Nabi Muhammad meninggal sebelum ia dilahirkan dan ia kehilangan ibunya ketika ia berumur enam tahun . Dua tahun kemudian neneknya, yang mengasuhnya, juga meninggal. Nabi Muhammad yang masih muda itu kemudian dibesarkan pamannya, Abu Talib. Nabi Muhammad SWA  bekerja sebagai pengemudi unta dan kemudian sebagai seorang pedagang yang mendapatkan nama baik karena kejujurannya di dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini membuat ia mendapatkan julukan Al - amin ("orang yang dapat dipercaya"). Tidak lama kemudian Nabi Muhammad bekerja pada Khadija, seorang janda kaya, dan , walaupun Nabi Muhammad berumur 15 tahun lebih muda daripadanya, mereka berdua melangsungkan pernikahan.

Pesan Allah kepada "Nabi Muhammad"
Ketika Nabi Muhammad berumur 40 tahun , beliau adalah seorang yang sungguh religius, yang menggunakan sebagian besar waktunya untuk berdoa di padang gurun. Ia sangat terganggu oleh tingkah laku orang - orang di Makkah yang menyembah dewa-dewa. Di ka'bah saja tempat pemujaan di tengah kota  ada sebanyak 300 berhala dari batu, tanah liat, dan kayu. Nabi Muhammad juga melihat bagaimana orang kaya menindas orang miskin, para suami memperlakukan istri dan anak - anaknya secara buruk, dan perjudian serta mabuk-mabukkan marajalela.

.....tidak ada Tuhan selain Dia Yang Menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, Nabi yang Ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat - kalimatnya (Kitab - Kitab-Nya) dan ikutilah dia......... AL QuR'AN, 71.58

Pada waktu Nabi Muhammad menerima salah satu dari wahyu yang dibawa Malaikat Jibril dari Allah SWT di suatu Gua di Gunung Hira pada tahun 610 CE, beliau mendapatkan karunia kemampuan untuk melihat. Dengan kemampuan itu , Nabi Muhammad SWA melihat  sosok manusia luar biasa yang memerintahkannya supaya membaca suatu ayat  lalu Malaikat Jibril berkata Nabi Muhammad sebagai Rasul.'" Utusan Allah". Ayat-Ayat tersebut kemudian disatukan menjadi Kitab Al Qur'an (Surat 96- Al' alaq).

Karena Nabi Muhammad bingung, beliau buru - buru pulang ke rumah di mana istri dan saudara sepupunya  menyakinkannya bahwa pesan itu datang dari Allah. Banyak penglihatan yang mirip datang lagi dan sahabat - sahabat Nabi Muhammad Swa  menghafalnya sebelum menulisnya. Nabi Muhammad mulai menyampaikan pesan baru itu kepada orang - orang di Makkah tetapi beberapa dari mereka menentangnya. Hanya seketika ia pergi ke Madinah, pesan itu disambut dengan baik.

Kisah "Nabi Muhammad" SWA pada Masa penyebaran Islam
Penduduk Madinah, tidak seperti penduduk Makkah, menyambut baik pesan Nabi Muhammad dengan gembira. Dengan dukungan mereka yang kuat , Nabi Muhammad akhirnya dapat kembali ke Makkah untuk membersihkan Ka'bah dari berhala-berhala dan mempersembahkannya menjadi tempat ibadah kepada Allah yang benar.

"Nabi Muhammad" bersama para pengikut pertamanya dibuat jengkel oleh penduduk Makkah ketika beliau memberitakan kepada mereka tentang wahyu yang diterima dari Allah SWT. Orang - orang berbuat sangat brutal, terutama terhadap pada budak yang menanggapi pesan Nabi Muhammad.

Kisah Nabi Muhammad Hijrah ke Madinah

Pada tahub 622, Nabi Muhammad meninggalkan Makkah menuju Madinah yang oleh seluruh umat Islam perjalanan Nabi Muhammad ini dikenal dengan sebagai hijrah (emigrasi). Penanggalan Umat Islam dimulai dari periode waktu yang berdasarkan revolusi bulan dalam mana peristiwa itu terjadi (AH= After Hijrah[sesudah hijrah]). Terbentuknya masyarakat islam yang baru , yang dikenal dengan sebutan Ummah, dengan Nabi Muhammad  sebagai pimpinannya, terjadai di Madinah dan , dengan bertambah orang - orang yang mengikutinya, Nabi Muhammad  diangkat sebagai pemerintah kota. Dalam masyarakat islam ini, dua dasar kembar, yaiutu persamaan dan kebebasan diakui, dan bangsa Arab, Yhaudi, dan bangsa-bangsa lain diberi status yang sama. Ummah menjadi masyarakat yang ideal dengan berdasarkan pada prinsip - prinsip islam.

Kisah Nabi Muhammad Kembali ke Makkah
Selama di Madinah , Nabi Muhammad SWA selalu ingin kembali ke Makkah, kota kelahirannya. Teristimewa, beliau bertekad untuk membersihkan Ka'bah dari berhala-berhala dan mendirikan yang benar kepada Allah di tempat suci itu. Nabi Muhammad  mengajar para pengikutnya untuk berdoa dengan menghadap ke Ka'bah, mempersiapkan para pengikutnya untuk kembali ke Makkah dan mengalahkan kota itu.

Dengan kekuatan Militer para pengikut Nabi Muhammad SWA meraih kemenangan penting di Badar, di mana 300 umat Islam mengalahkan 1.000 serdadu Makkah. Kemenangan ini meyakinkan Nabi Muhammad dan para pengikutnya bahwa Allah telah membantu mereka.

Pada bulan Maret 629, Nabi Muhammad  memasuki kota Makkah, berjalan mengelilingi Ka'bah tujuh kali dan bersama para pengawalnya menyentuh Batu Hitam yang Suci itu. Nabi Muhammad  kembali ke kota itu dengan kemenangan dan beberapa bulan kemudian Nabi Muhammad terkenang sebagai Nabi yang membawa selamat umat manusia dunia dan Akhirat.

Kematian Nabi MuHAMMAD 
Nabi Muhammad melaksanakan ziarah terakhirnya ke Makkah pada tahun 632. Tidak lama kemudian , Nabi Muhammad  meninggal dunia di Madinah. Nabi Muhammad berumur 63 tahun dan pada saat itu  sebagian besar masyarakat Arab Saudi telah menerima Islam sebagai jalan hidup mereka. Nabi Muhammad  dikuburkan di rumah tempat ia meninggal. Tempat itu sekarang menjadi Masjid utama bagi Umat Islam. Walupun Nabi Muhammad tidak meninggalkan pengganti yang ditunjuknya, jabatan kepemimpinan jatuh kepada Abu Bakar , Sahabat Nabi Muhammad  swa.

Share this article :

+ comments + 3 comments

October 1, 2012 at 9:03 PM

Nice blog

October 2, 2012 at 6:21 AM

artikel bagus.

komen jg d 4dream.blospot.com

February 15, 2013 at 12:54 AM

ok sharenya sob :)

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Hanya Berbagi Informasi dan Pengalaman - All Rights Reserved
Template Created by Tentang-99 Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger